Monday, July 25, 2011

{Pelajaran dari Masa Lalu}

Hai..hai.. It's Monday again!
Semuanya harus semangat ya, biar menjalani hari ini dengan fresh and fun :)

Saya mau berbagi keceriaan di hari senin pagi ini, seceria kita pada masa-masa TK atau SD. Masa sekolah adalah masa yang paling menyenangkan, kan? Kita bermain, belajar sambil bermain, makan sambil bermain.. 
ah, seandainya di usia kita yang beranjak dewasa ini kita masih bisa seperti itu..
Loh, kenapa enggak?
Kita hanya perlu meluangkan waktu kurang dari setengah jam untuk kembali ke masa ceria itu :)


Kemarin, saya harus menghabiskan akhir pekan dengan membosankan karena harus sendirian di rumah :|
Lalu, saya mencoba kembali menghidupkan masa ceria saya di TK, dengan cara... membuat keterampilan.

Ya,Ketrampilan dan Kerajinan Tangan, sebuah pelajaran di masa sekolah yang membuat kita banyak bermain, tapi menghasilkan sesuatu yang bagus dan bisa dibawa pulang ke rumah :)
Untuk menghidupkan keceriaan masa lalu.. akhirnya saya membuat beberapa mini-items ini..

snowflake atau orang yg bergandengan tangan? :D

Kalian inget nggak, waktu TK atau SD pernah mem buat pola dari kertas seperti ini? hanya dengan menggunting-gunting kertas origami, bisa jadi beragam bentuk yang bagus.
Ternyata, sejak dini kita sudah diperkenalkan oleh guru kita untuk membuat salah satu jenis keterampilan tangan yang berasal dari Jepang.
Ya, seni melipat dan menggunting kertas ini disebut Kirigami.

Kirigami, berasal dari kata "kiru" yang berarti memotong dan "gami" yang berarti kertas. Jadi, kirigami adalah seni menggunting (memotong) kertas. Bedanya dengan origami, jika kita mau membuat kirigami, kita harus melipatnya dulu lalu digunting dengan pola sehingga membentuk pattern yang cantik.
Umumnya, orang-orang membuat snowflake untuk hiasan natal dengan teknik kirigami. Kemarin, saya mencoba beberapa pola absurd abstrak..

 dua jenis pola yang menghasilkan bentuk berbeda


pattern seperti ini dihasilkan dengan memadukan aneka pola guntingan dan menggunakan dua macam gunting, gunting biasa (lurus) dan gunting zigzag

Dengan kirigami, kita bisa menghasilkan beragam bentuk-bentuk yang berbeda satu sama lain. Karena hasil akhir dari kirigami bergantung pada jenis lipatan pada kertas, pola pengguntingan, dan jenis alat yg digunakan.
Pattern-pattern yang dihasilkan juga bisa dimanfaatkan sebagai hiasan kartu atau kayak yang lagi tren banget saat ini: Scrapbook :)

Sayapun ngga mau menyia-nyiakan pattern kirigami yang udah saya bikin. Rencana awal sih, mau bikin greeting card, tapi berhubung bahan-bahan kurang mendukung, akhirnya pattern kecil itu berubah wujud menjadi....

mouse-pad

Pattern hasil kirigami ditempelkan di kertas bertekstur (semacam wallpaper, tapi lebih tipis). Kemudian ditempelkan lagi ke karton tebal.
Ayo, kamu juga pasti bisa membuat karya-karya menarik dari hasil kirigami-mu :)
Ini beberapa tutorial yang saya ambil dari internet..


   
Selamat mencoba ya.. :)
Pelajaran dari masa lalu kita ini, semoga bisa menceriakan hari seninmu ;)
*smooches*

No comments:

Post a Comment

Thanks for your lovely "voices" here.. Have Fun :)